Secara spesifik tugas pokok dan uraian tugas Kecamatan Sidikalang telah diatur dalam Peraturan Bupati Dairi Nomor 20 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Perangkat Daerah, dengan ketentuan didalamnya sebagai berikut:

1.    Kecamatan merupakan perangkat daerah kabupaten yang dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan;

2.    Kecamatan dipimpin oleh seorang kepala kecamatan yang disebut Camat yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretariat Daerah.

Sedangkan fungsi yang melekat pada masing-masing jabatan sesuai dengan susunan organisasi adalah sebagai berikut :

1)  Camat

     Camat mempunyai tugas:

a.  menyelenggarakan urusan pemerintahan umum;

b.  mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat; 

c.  mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;

d.  mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati;  

e.  mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

f.  mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan;

g.  membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan/atau kelurahan; 

h.  melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja perangkat daerah kabupaten yang ada di kecamatan;

i.   melaksanakan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten; dan

j.   melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

     Camat mempunyai fungsi:

a.  penyelenggaraan urusan pemerintahan umum;

b.  pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat; 

c.  pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;

d.  pengoordinasian penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati; 

e.  pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

f.  pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan;

g.  pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan desa dan/atau kelurahan;

h.  pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja perangkat daerah kabupaten yang ada di kecamatan;

i.   pelaksanaan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten; dan

j.   pelaksanaan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2)   SEKRETARIS

(1)   Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas menyusun rencana operasional, membagi tugas, mengatur, mengevaluasi, menyelia, mengelola, melaporkan serta memberikan pelayanan administratif dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas lingkup kecamatan.

(2)   Sekretaris Kecamatan mempunyai fungsi:

a.     membantu pengoordinasian penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran di bidang penyelengaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan;

b.    fasilitasi administrasi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumah tanggaan, aset, hubungan masyarakat, arsip, dan dokumentasi;

c.     penataan organisasi dan tata laksana kecamatan;

d.    pengelolaan barang milik daerah; dan

e.     pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3)   Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), uraian tugas Sekretaris Kecamatan sebagai berikut:

a.     merencanakan program,  kegiatan dan anggaran operasional sekretariat kecamatan berdasarkan rencana strategis dan penetapan kinerja tahunan dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    memfasilitasi administrasi urusan umum dan kepegawaian, keuangan dan aset, perencanaan, program dan pelaporan dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

c.     membantu pengoordinasian penyusunan rencana, program, anggaran di bidang koordinasi penyelengaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan berdasarkan rencana strategis dan penetapan kinerja tahunan dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

d.    membimbing, membagi tugas dan mengatur penyusunan laporan, konsep, serta dokumen administrasi lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas bidang kecamatan dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

e.     mengelola inventaris kecamatan dalam rangka efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas;

f.     mengevaluasi pencapaian kinerja kecamatan dengan membandingkan target dan realisasi kinerja setiap tahun dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;

g.    mengevaluasi pelaksanaan penatausahaan keuangan kecamatan dalam rangka tertib administrasi penatausahaan keuangan kecamatan;

h.    mengevaluasi dan melaporkan pendataan inventaris serta usulan penghapusan barang di lingkungan kecamatan dalam rangka tata kelola aset;

i.     membagi tugas dan menyelia pegawai di lingkungan sekretariat kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi baik secara lisan maupun tertulis dalam rangka peningkatan profesionalisme kerja;

j.     melaksanakan pembinaan terhadap pegawai di lingkungan kecamatan dalam rangka peningkatan disiplin dan kinerja pegawai;

k.    menyampaikan usul, pertimbangan, saran dan pendapat serta langkah-langkah yang perlu diambil dalam penyelenggaraan tugas sekretariat,  serta melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Camat dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

l.     melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

                 Dalam menjalankan fungsi diatas, Sekretariat yang dipimpin oleh Sekretaris dibantu oleh 2 (dua) Sub Bagian, yaitu a) Sub Bagian Umum Kepegawaian dan Aset, dan b)  Subbagian Perencanaan, Program, Pelaporan dan Keuangan, yang masing-masing memiliki tugas pokok dan uraian tugas sebagai berikut :

a)   SUBBAGIAN UMUM KEPEGAWAIAN DAN ASET

(1) Kepala Subbagian Umum, Kepegawaian dan Aset mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan umum, kepegawaian dan aset.

(2) Kepala Subbagian Umum, Kepegawaian dan Aset mempunyai fungsi:

a.     perencanaan program, kegiatan dan anggaran di subbagian umum, kepegawaian, dan aset;

b.    pengelolaan kepegawaian kecamatan;

c.     pengelolaan ketatausahaan, kerumahtanggaan dan aset;

d.    penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan urusan umum, kepegawaian dan aset; dan

e.     pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Subbagian Umum, Kepegawaian dan Aset sebagai berikut:

a.     melaksanakan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran subbagian umum, kepegawaian, dan aset berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    melaksanakan urusan ketatausahaan dan ketatalaksanaan kecamatan secara rutin dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

c.     melaksanakan urusan rumah tangga dan aset kecamatan dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas;

d.    melakukan fasilitasi pembinaan teknis pengelolaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban administrasi aset lingkup kecamatan;

e.     menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyiapkan bahan atau data dalam rangka penyampaian informasi dan publikasi;

f.     menghimpun, mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyimpan bahan atau data ketatausahaan, rumah tangga, kepegawaian dan aset dalam rangka pelaksanaan tugas;

g.    memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

h.    menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyiapkan serta menyimpan bahan atau data kepegawaian dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pegawai di lingkungan kecamatan;

i.     mendistribusikan tugas subbagian umum, kepegawaian, dan aset kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

j.     melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Sekretaris dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

b)    SUBBAGIAN PERENCANAAN, PROGRAM, PELAPORAN DAN KEUANGAN

(1)   Kepala Subbagian Perencanaan, Program, Pelaporan dan Keuangan mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan perencanaan, program, pelaporan dan keuangan.

(2)   Kepala Subbagian Perencanaan, Program, Pelaporan dan Keuangan mempunyai fungsi:

a.  perencanaan program, kegiatan dan anggaran subbagian perencanaan, program, pelaporan dan keuangan;

b.   pengelolaan perencanaan, program, pelaporan dan keuangan kecamatan;

c.  penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan urusan perencanaan, program, pelaporan dan keuangan; dan

d.   pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3)   Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Subbagian    Perencanaan, Program, Pelaporan dan Keuangan sebagai berikut:

a.  melaksanakan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran subbagian perencanaan, program, pelaporan dan keuangan berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.  melaksanakan urusan perencanaan, program, pelaporan dan keuangan badan secara rutin dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

c.  melakukan fasilitasi pembinaan teknis bendahara, pengelolaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban administrasi keuangan lingkup kecamatan;

d.  melakukan fasilitasi penyusunan perencanaan, program, pelaporan dan keuangan kecamatan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;

e.  menghimpun, mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyimpan bahan atau data dalam penyusunan dokumen perencanaan dan pelaksanaan serta bahan laporan lainnya dalam rangka penyampaian informasi kinerja kecamatan;

f.  menghimpun, mengumpulkan, mengolah, menyiapkan dan menyimpan bahan atau data keuangan dalam rangka pelaksanaan tugas;

g.  meneliti dan mengawasi penagihan dan atau penyetoran pajak (ppn/pph) serta pembayaran atas tagihan-tagihan pada anggaran belanja tahun berjalan dalam rangka tata kelola keuangan;

h.  menyiapkan bahan penyusunan laporan keuangan kecamatan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;

i.   memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

j.   mendistribusikan tugas subbagian perencanaan, program, pelaporan dan keuangan kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

k.  melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Sekretaris dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas; dan

l.   melaksanakan tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

3).   Seksi Tata Pemerintahan

(1)   Kepala Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan tata pemerintahan.

(2)   Kepala Seksi Tata Pemerintahan mempunyai fungsi:

a.    perencanaan program, kegiatan dan anggaran seksi tata pemerintahan;

b.    pengumpulan bahan perumusan pelaksanaan teknis tata pemerintahan;

c.    penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan teknis  tata pemerintahan; dan

d.    pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3)   Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi  Tata Pemerintahan sebagai berikut:

a.    mengumpulkan bahan perumusan dan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran seksi tata pemerintahan berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    mengumpulkan bahan pelaksanaan kegiatan dan fasilitasi urusan tata pemerintahan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;

c.    mengumpulkan bahan koordinasi yang berkaitan dengan pembinaan, pelaksanaan urusan tata pemerintahan dalam rangka efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas;

d.    menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyimpan bahan atau data urusan  tata pemerintahan dalam rangka pelaksanaan tugas;

e.    melaksanakan urusan tata pemerintahan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

f.     mengumpulkan bahan pemantauan, pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan urusan tata pemerintahan dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

g.    memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

h.    mendistribusikan tugas seksi tata pemerintahan kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

i.     menyampaikan usul, pertimbangan, saran dan pendapat kepada Camat dalam penyelenggaraan tugas seksi  tata pemerintahan;

j.     melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Camat dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

4). Seksi Pemerintahan Masyarakat dan Desa

(1) Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan  pemberdayaan masyarakat dan desa.

(2) Kepala Seksi  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai fungsi:

a.    perencanaan program, kegiatan dan anggaran seksi pemberdayaan masyarakat dan desa;

b.    pengumpulan bahan perumusan pelaksanaan teknis pemberdayaan masyarakat dan desa;

c.    penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan teknis pemberdayaan masyarakat dan desa; dan

d.    pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai berikut:

a.    mengumpulkan bahan perumusan dan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran seksi pemberdayaan masyarakat dan desa berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    mengumpulkan bahan pelaksanaan kegiatan dan fasilitasi urusan  pemberdayaan masyarakat dan desa dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;

c.    mengumpulkan bahan koordinasi yang berkaitan dengan pembinaan, pelaksanaan urusan pemberdayaan masyarakat dan desa dalam rangka efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas;

d.    menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyimpan bahan atau data urusan  pemberdayaan masyarakat dan desa dalam rangka pelaksanaan tugas;

e.    melaksanakan urusan  pemberdayaan masyarakat dan desa dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

f.     mengumpulkan bahan pemantauan, pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan urusan pemberdayaan masyarakat dan desa dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

g.    memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

h.    mendistribusikan tugas seksi pemberdayaan masyarakat dan desa kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

i.     menyampaikan usul, pertimbangan, saran dan pendapat kepada Camat dalam penyelenggaraan tugas seksi  pemberdayaan masyarakat dan desa;

j.     melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Camat dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

5)  Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

(1)   Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan  ketentraman dan ketertiban umum;

(2)   Kepala Seksi  Ketenteraman dan Ketertiban Umum mempunyai fungsi:

a.  perencanaan program, kegiatan dan anggaran seksi  ketenteraman dan ketertiban umum;

b.  pengumpulan bahan perumusan pelaksanaan teknis  ketenteraman dan ketertiban umum;

c.  penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan teknis  ketenteraman dan ketertiban umum; dan

d.  pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3) Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Umum sebagai berikut:

a.    mengumpulkan bahan perumusan dan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran seksi ketentraman dan ketertiban umum berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    mengumpulkan bahan pelaksanaan kegiatan dan fasilitasi urusan  ketenteraman dan ketertiban umum dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;

c.    mengumpulkan bahan koordinasi yang berkaitan dengan pembinaan, pelaksanaan urusan ketenteraman dan ketertiban umum dalam rangka efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas;

d.    menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyimpan bahan atau data urusan  ketenteraman dan ketertiban umum dalam rangka pelaksanaan tugas;

e.    melaksanakan urusan  ketenteraman dan ketertiban umum dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

f.     mengumpulkan bahan pemantauan, pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan urusan ketenteraman dan ketertiban umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

g.    memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

h.    mendistribusikan tugas seksi ketenteraman dan ketertiban umum kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

i.     menyampaikan usul, pertimbangan, saran dan pendapat kepada Camat dalam penyelenggaraan tugas seksi  ketenteraman dan ketertiban umum;

j.     melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Camat dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

6).  Seksi Perekonomian dan Pembangunan

(1)   Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan  perekonomian dan pembangunan.

(2)   Kepala Seksi  Perekonomian dan Pembangunan mempunyai fungsi:

a.    perencanaan program, kegiatan dan anggaran seksi  perekonomian dan   pembangunan;

b.    pengumpulan bahan perumusan pelaksanaan teknis  perekonomian dan pembangunan;

c.    penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan teknis  perekonomian dan pembangunan; dan

d.    pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3)   Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi  Perekonomian dan Pembangunan sebagai berikut:

a.    mengumpulkan bahan perumusan dan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran seksi perekonomian dan pembangunan berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    mengumpulkan bahan pelaksanaan kegiatan dan fasilitasi urusan  perekonomian dan pembangunan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;

c.    mengumpulkan bahan koordinasi yang berkaitan dengan pembinaan, pelaksanaan urusan perekonomian dan pembangunan dalam rangka efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas;

d.    menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyimpan bahan atau data urusan  perekonomian dan pembangunan dalam rangka pelaksanaan tugas;

e.    melaksanakan urusan  perekonomian dan pembangunan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

f.     mengumpulkan bahan pemantauan, pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan urusan perekonomian dan pembangunan dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

g.    memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

h.    mendistribusikan tugas seksi perekonomian dan pembangunan kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

i.     menyampaikan usul, pertimbangan, saran dan pendapat kepada Camat dalam penyelenggaraan tugas seksi  perekonomian dan pembangunan;

j.     melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Camat dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.

7).  Seksi Kesejahteraan Rakyat

(1)   Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, dan menyiapkan bahan atau data urusan  kesejahteraan rakyat.

(2)   Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai fungsi:

a.     perencanaan program, kegiatan dan anggaran seksi  kesejahteraan rakyat;

b.    pengumpulan bahan perumusan pelaksanaan teknis  kesejahteraan rakyat;

c.     penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan teknis kesejahteraan rakyat; dan

d.    pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

(3)   Sesuai dengan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi  Kesejahteraan Rakyat sebagai berikut:

a.     mengumpulkan bahan perumusan dan penyusunan rencana, program, kegiatan dan anggaran seksi kesejahteraan rakyat berdasarkan tugas dan fungsinya dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan;

b.    mengumpulkan bahan pelaksanaan kegiatan dan fasilitasi urusan  kesejahteraan rakyat dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas;

c.     mengumpulkan bahan koordinasi yang berkaitan dengan pembinaan, pelaksanaan urusan kesejahteraan rakyat dalam rangka efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas;

d.    menghimpun, mengumpulkan, mengolah dan menyimpan bahan atau data urusan  kesejahteraan rakyat dalam rangka pelaksanaan tugas;

e.     melaksanakan urusan  kesejahteraan rakyat dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

f.     mengumpulkan bahan pemantauan, pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan urusan kesejahteraan rakyat dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

g.    memberi petunjuk dan bimbingan kepada pejabat fungsional umum secara lisan maupun tertulis dalam rangka kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas;

h.    mendistribusikan tugas seksi kesejahteraan rakyat kepada pejabat fungsional umum dalam rangka pencapaian pelaksanaan tugas;

i.     menyampaikan usul, pertimbangan, saran dan pendapat kepada Camat dalam penyelenggaraan tugas seksi  kesejahteraan rakyat;

j.     melaporkan seluruh pelaksanaan tugas selama satu tahun kepada Camat dalam rangk pencapaian pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat sesuai tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung pencapaian pelaksanaan tugas.